Cara Menghemat Kuota

Maraknya penggunaan sosial media membuat jaringan internet menjadi suatu kebutuhan setiap orang. Banyaknya penawaran yang bisa digunakan oleh internet, hal ini membuat orang-orang semakin memanfaatkan jaringan internet.

Misal seperti pelajar yang sedang mencari tugas sekolah, mencurahkan isi hati melalui sosial media, bahkan sampai ngeblog untuk kepentingan pribadi ataupun bisnis menjual produk. 

Banyaknya kemudahan dan juga kecepatan tinggi, akhirnya internet ini banyak disukai oleh penggunanya.

Tapi untuk penggunaan internet sendiri, kamu membutuhkan yang namanya kuota (data internet) untuk bisa mengakses semua fasilitas di google atau platform lainnya.

Kuota tersebut harus kamu beli dengan menggunakan uang, maka dari itu dalam penggunannya harus benar-benar hemat. Tapi sangat disayangkan, masih banyak para pengguna internet yang belum bisa menghemat penggunaan kuota.

Padahal, stok kuota ini berperan sangat penting untuk seluruh penggunanya agar tetap bisa melakukan kegiatannya di dunia maya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sering berselancar di dunia maya, ada beberapa cara menghemat kuota internet supaya tidak cepat habis.

Penasarankan seperti apa? Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak ulasan di bawah ini yang dikutip dari situs teknologi ternama, yaitu kuotabro.

Rubah Fitur Maps ke Offline

Cara menghemat kuota yang pertama ialah, merubah fitur maps online menjadi offline. Kenapa? Karena hal ini bisa membuat kuota yang kamu miliki terasa lebih irit. Jika maps masih berada pada fitur online, maka kuota pun akan terus kekuras dengan cepat setiap harinya.

Anehnya lagi, banyak para pengguna internet yang kurang menyadari akan hal seperti ini. Nah, perlu kamu ketahui, aplikasi maps bisa semakin menyerap kuota apabila penggunannya untuk keperluan navigation, turn-by-turn, melihat traffic jalanan secara real time.

Nah, untuk mencegah supaya kuota tidak boros dan tetap hemat, kamu bisa merubah fiturnya menjadi offline.

Masuk ke menu pengaturan, cari aplikasi “Maps” kemudian klik aplikasi tersebut, pilih rubah data menjadi offline.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk penghematan dalam penggunaan data internet, lumayan bukan jika kuota internet bisa agak sedikit menghemat?

Gunakan Mailbox untuk Keperluan Email Masuk

Salah satu persoalan yang juga kerap membuat kuota internet boros adalah penggunaan email yang berlebihan.

Kegiatan surat menyurat dengan cara online, seperti membuka email, membalas email, mengunggah atau mengunduh file melalui email tentunya memerlukan data kuota yang banyak. Hal ini tentu saja kegiatan tersebut bisa menyedot kuota dengan jumlah yang tidak sedikit.

Lantas bagaimana untuk mengatasi supaya penggunaan kuota internet tidak terlalu banyak? Gampang! Kamu bisa mendownload aplikasi Mailbox dari Dropbox yang sudah ada di Android dan iPhone.

Dengan menggunakan Mailbox, kamu bisa menyimpan data yang tidak menyedot kuota seperti email. Maka dari itu, kuota internet yang kamu miliki bisa lebih hemat.

Jika penasaran, kamu bisa membuktikannya sendiri dengan cara menerapkan apa yang telah saya lakukan, yaitu menggunakan Mailbox.

Gunakan Browser yang Efesien

Perlu kamu ketahui, sebuah peramban atau browser juga bisa membuat penggunaan data internet yang kamu miliki tersedot habis. Terlebih bagi browser default bawaan dari HP.

Untuk mencegah supaya hal ini tidak akan terjai, kamu dapat mengunduh browser yang efesien, misal seperti Opera Mini salah satu contohnya.

Browser ini memang bisa dikatakan cukup terbukti dan banyak juga yang mempercayai bisa menyimpan data internet yang kamu miliki secara primer dengan cara mengompres website yang sedang dikunjungi.

Jika kamu tidak ingin kehabisan kuota, kamu bisa melakukan cara ini untuk menghemat penggunaan kuota.

Tinggalkan komentar